Applikasi messenger terbaru pesaing Blackberry

Banyak sekali aplikasi messenger atau layanan pesan yang saat ini bisa kita pakai untuk berkomunikasi dengan rekan-rekan kita. Seperti layanan BlackBerry Messenger atau BBM misalnya, yang sangat populer dan banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia dan negara-negara lain. Layanan yang hanya bisa dinikmati melalui perangkat BlackBerry ini bahkan sepertinya menjadi salah satu bagian gaya hidup di Indonesia. Atau mungkin layanan WhatsApp yang saat ini mulai naik daun karena aplikasi lintas platform ini
bisa dipakai oleh pengguna BlackBerry, iPhone, Android, Nokia atau Windows Mobile.
Melalui fitur ini, kita bisa menemukan pengguna WeChat lainnya yang ada di dekat kita, untuk selanjutnya bisa kita ajak melakukanchating atau mungkin bertemu. Dengan demikian, kita bisa bertemu dengan teman-teman baru dan tetap terkoneksi dengan anggota komunitas WeChat yang lain.
Fitur ini adalah fitur pada WeChat yang cukup unik dan menarik. Kita bisa memilih tombol “Pick” untuk memilih botol-botol yang mengambang di ‘lautan virtual’. Kita bisa membaca atau mendengarkan pesan yang ada dalam botol dan kemudian membalas pesan tersebut. Tentu saja kita juga bisa melemparkan botol serupa ke lautan virtual tersebut untuk selanjutnya ditemukan dan juga dibaca oleh pengguna WeChat lainnya.



Bagi kita yang memiliki akun di Facebook, maka fitur ini memungkinkan kita untuk terkoneksi dengan teman-teman Facebook dan melakukan obrolan.
Bagi yang gemar menggunakan emoticon (emotion icon) dalam obrolan, WeChat juga menyediakan emoticon beranimasi dengan gambar-gambar yang cukup menarik serta background yang bisa diubah sesuai keinginan.

Fitur ini memungkinkan kita melakukan obrolan dengan teman-teman kita secara kelompok, seperti yang bisa dilakukan melalui layanan BlackBerry Messenger atau WhatsApp.

(www.wechatapp.com)
Dan kini ada lagi satu layanan pesan dengan nama WeChat. Aplikasi yang berasal dari China ini saat ini sudah dipakai oleh 200 juta orang di seluruh dunia, angka yang hampir menyamai jumlah penduduk Indonesia. Akhir September 2012 yang lalu, aplikasi WeChat ini juga diluncurkan di Indonesia. Sepeti yang ditulis olehTechinasia, alasan utama untuk melakukan ekspansi ke Indonesia karena Indonesia dinilai memiliki pertumbuhan smartphone yang besar.
Kehadiran WeChat ini bisa jadi akan menjadi pesaing tangguh layanan pesan yang sebelumnya sudah ada seperti WhatsApp atau bahkan BlackBerry Messenger, mengingat fitur-fitur yang diusung oleh WeChat cukup menarik. Dengan mengusung slogan ‘the new way to connect’, WeChat menawarkan kepada penggunanya untuk melakukan chat atau obrolan dengan berbagai cara, baik melalui suara, video atau teks. WeChat yang bisa digunakan di berbagai platform smartphone seperti Android, iOS (termasuk iPhone dan iPad), Windows Phone, dan OS Symbian ini memiliki killer feature atau fitur unggulan yaitu ‘Hold-to-Talk’ voice messaging. Fitur ini mirip dengan walkie talkie pada waktu dulu namun tidak dibatasi oleh jarak.
Fitur voice messaging (sumber: www.wechatapp.com)
Dengan demikian fitur Hold-toTalk ini bisa dijadikan sebagai alternatif pengganti sambungan telepon yang memungkinkan penggunanya bisa menelepon gratis. Caranya dengan menekan dan menahan tombol ‘Hold-to-Talk’ selama durasi kita berbicara, dan kemudian melepas tombol tersebut dan mengirimkan pesan suara. Selain fitur Hold-to-Talk tersebut, fitur-fitur lainnya yang tak kalah menarik adalah:
Look Around
Drift Bottle
Facebook Connect
Emoticons
Group Chat
Nah, dengan berbagai fitur menarik serta bisa digunakan melalui berbagai jenis gadget, maka tidak mustahil jika WeChat bisa dijadikan alternatif bagi kita dalam berbagi pesan layaknya BlackBerry Messenger, WhatsApp, atau layanan lainnya. Tertarik untuk menggunaknnya? Silakan unduh aplikasinya secara gratis di situs  WeChat.