Mengenal basis data dan Ms.Access

DASAR TEORI
I.1. Apa itu Basis Data?
Ide dasar dari basis data adalah untuk menyimpan data dengan rapi. Sistem manajemen basis data adalah piranti atau alat bantu bagi para pemrogram untuk menalar dan mengambil realitas dunia bisnis menjadi suatu sistem informasi yang terstruktur dan terkelola.
Misalnya, ada data mentah tentang pelamar kerja dan kualifikasinya. Data tersebut tentu saja tidak terstruktur dan teratur. Oleh karena itu, apabila kita mencatat seluruh data tersebut dalam sebuah buku, maka hasil catatan tersebut disebut basis data. Selanjutnya catatan tersebut distrukturkan dan diatur ke dalam klasifikasi misalnya Nama, Pendidikan dan IP, maka hasil pengolahannya disebut manajemen basis data. Sebagai contoh adalah berikut ini.

Nama
Pendidikan
IP
Hendri Tornando
D3
2.69
Rani Maharani
Sarjana
3.01
Jacklin
Sarjana
3.35
Kemudian, hasil manajemen basis data tersebut diatur dan dikelola, dari proses membaca sampai dengan melaporkan datanya oleh sebuah program aplikasi disebut sebagai sistem manajemen basis data.
Sistem manajemen basis data ditujukan untuk menciptakan pengelolaan data yang bersiri sebagai berikut:
     Memudahkan pengaksesan data.
     Mengurangi redundansi dan inkonsistensi data.
     Mengisolasikan data untuk distandardisasikan.
     Mudah digunakan oleh banyak pemakai.
     Mengamankan data.
     Menjaga integritas data.
     Menciptakan independensi data.
I.2. Aplikasi pengolah Basis Data
Sekarang telah banyak program aplikasi pengolah basis data. Diantaranya adalah Oracle, SQL server, MySQL, Foxpro, Microsoft Access dll. Pada praktikum ini, kita menggunakan Microsoft Access yang berkembang menjadi salah satu program basis data yang amat populer. Kepopulerannya tidak terlepas dari kemudahan pemakaiannya, tetapi juga dari warisan perangkat lunak yang mudah diperoleh. Microsoft Access merupakan perangkat lunak sistem manajemen basis data relasional dan berorientasi visual, serta berbasis windows. Fungsi kinerja utamanya adalah digunakan untuk membuat dan memodifikasi tabel, formulir entri data, query, laporan dan basis data. Kemampuan memodifikasikan keempat option basis data tersebut juga didukung dengan oleh keterkaitannya dengan bahasa pemrograman yang lain, salah satunya Visual Basic.
 Contoh Pembuatan Dan Modul 2003 Bisa Anda Download Disini 
 Contoh Pembuatan Dan Modul 2007 Bisa Anda Download Disini 
Modul Terbaru Disini